Sunday 21 August 2016

BAGAIMANA UNTUK BERHASIL DI SEKOLAH (RESENSI BUKU terjemah How-to-Succeed-in-School)



BAB I
PENDAHULUAN

Peserta didik dalam menjalani proses pembelajaran  terkadang berjalan kurang mulus, bahkan ada yang mengalami kegagalan. Kegagalan-kegagalan tersebut bisa disebabkan oleh faktor dari dalam diri individu maupun dari faktor luar atau lingkungan. Faktor dari dalam diri individu bisa karena masalah fisiologis maupun psikologis sedangkan faktor dari luar bisa masalah keluarga, sekolah maupun lingkungan di masyarakat. Ketika peserta didik mengalami kegagalan belajar di sekolah maka hal tersebut akan menghambat upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.
Pendidikan merupakan hal pokok bagi individu, karena dengan adanya pendidikan individu tersebut dapat mengembangkan dirinya. Dengan pendidikan juga menjadi faktor bagi peningkatan kehidupan yang lebih baik. Selain pendidikan merupakan faktor harapan bagi perubahan, Fakta yang terjadi di lapangan  pendidikan juga menjadi ketakutan bagi peserta didiknya. Hal ini dibuktikan adanya ketidaklulusan siswa, tidak naik kelas karena tidak memenuhi KKM, dan persaingan yang semakin ketat.
Siswa SMA masuk dalam kategori masa remaja awal, di mana menurut Mappiare (1998: 25) pada masa ini siswa berusia 13/14 sampai dengan 17 tahun. Ormord (2008: 39) menjelaskan pada masa SMA ini terjadi peningkatan perencanaan belajar dan motivasinya. Berdasarkan kenyataan yang ada, tidak semua siswa sesuai dengan harapan. Terdapat beberapa siswa yang sering membolos dengan alasan bosan, tidak mengumpulkan tugas, lebih suka membicarakan hal-hal yang tidak termasuk dalam pelajaran, dan lain sebagainya.
1
Belajar adalah salah satu aktivitas siswa yang terjadi di dalam lingkungan belajar. Belajar diperoleh melalui lembaga pendidikan formal dan nonformal. Salah satu lembaga pendidikan formal yang umum di Indonesia yaitu sekolah dimana di dalamnya terjadi kegiatan belajar dan mengajar yang melibatkan interaksi antara guru dan siswa. Tujuan belajar siswa sendiri adalah untuk mencapai atau memperoleh pengetahuan yang tercantum melalui hasil belajar yang optimal sesuai dengan kecerdasan intelektual yang dimilikinya.
Biasanya kemampuan siswa dalam belajar seringkali dikaitkan dengan kemampuan intelektualnya. Pengukuran kemampuan intelektual ini ditunjukkan oleh hasil tes IQ (Intelligence Quotient) atau kecerdasan intelektual. Siswa dengan IQ > 110 tergolong kedalam siswa dengan kemampuan diatas rata-rata, siswa dengan rentang IQ 90-109 tergolong kedalam rata-rata normal, dan IQ < 90 tergolong kedalam rata-rata rendah atau siswa dengan kemampuan rendah.
Ada siswa dengan kecerdasan intelektual diatas rata-rata/rata-rata tinggi namun tidak menunjukkan prestasi yang memuaskan yang sesuai dengan kemampuannya yang diharapkan dalam belajar. Kemudian ada siswa yang mendapatkan kesempatan yang baik dalam belajar, dengan kemampuan yang cukup baik, namun tidak menunjukkan prestasi yang cukup baik dalam belajar. Dan ada pula siswa yang sangat bersungguh-sungguh dalam belajar dengan kemampuan yang kurang dan prestasi belajarnya tetap saja kurang.
Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hambatan dan masalah dalam proses belajar siswa itu sendiri, baik dalam prosesnya di sekolah maupun di rumah. Oleh karena itu, guru selaku pendidik dituntut untuk selalu dpat memberikan dorongan atau motivasi kepada siswanya yang kurang bersemangat dalam belajar dan memberikan solusi terhadap permasalahan belajar yang dihadapi siswanya.
Berdasar persoalan tersebut di atas maka diperlukan pengetahuan-pengetahuan yang dapat dijadikan pedoman bagi peserta didik maupun orang tua untuk meraih sukses belajar di sekolah maupun diperguruan tinggi. Dan untuk mengetahui kunci sukses belajar di sekolah maupun di perguruan tinggi Buku yang berjudul     “How to Succeed in School and University” akan dapat membantu peserta didik dan orang tua dalam meraih kesuksesan di sekolah karena buku tersebut dapat :
1.    Memberikan wawasan kepada peserta didik dan orang tua bahwa setiap orang dapat meraih  sukses di  sekolah.
2.    Memberikan pengetahuan tentang cara-cara untuk berhasil di sekolah.


BAB II
GARIS BESAR ISI BUKU

Buku ini ingin menunjukkan kepada setiap orang  bahwa setiap orang dapat mencapai keberhasilan di sekolah dan kita menunjukkan bagaimana mendorong siswa dan orang tua murid untuk pencapaian tingkat tinggi dalam pendidikan. Mitos tentang pembelajaran yang mengejutkan, banyak dari  pendidik yang  hanya tahu sedikit tentang pembelajaran. Dan apabila mereka melakukan apa yang mereka ketahui tidak selalu dapat menemukan jalan  untuk menyelesaikan masalah-masalah di sekolah.
                Tujuan penulis  dalam e-book ini adalah untuk mengungkapkan sebagian  mitos yang menyelimuti dan untuk memberikan informasi sebenarnya berdasarkan pada penelitian yang baik.
               Hal ini khususnya menekan banyak para pendidik itu salah informasi tentang pembelajaran. Sangat sulit bagi siswa untuk mengetahui bagaimana untuk berhasil di sekolah. Kita semua siswa, dan sebagian dari kami adalah orang tua murid, di beberapa waktu di dalam hidup kita. Kita perlu untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana untuk belajar secara efektif. Tujuan kami adalah untuk menyediakan orang tua siswa informasi yang valid cara sukses di sekolah dan universitas.

A.    Motivasi Mahasiswa
Penyebab kegagalan siswa dan mahasiswa  dalam belajar lebih banyak disebabkan karena motivasi yang rendah.  Hal tersebut dikarenakan kesalahan sekolah dan guru. Untungnya ilmu kognitif dapat membantu mengembangkan motivasi. Ada banyak bukti bahwa sikap orang tua dalam  mendukung dan mendorong  memiliki dampak pada kinerja siswa  di sekolah. Disamping faktor lain yang mempengaruhi  termasuk IQ dan sikap guru.
3
Kunci keberhasilan sekolah dalam penelitian di Amerika Serikat, Kanada dan Australia adalah ambisi, keyakinan, kerja keras. Ia adalah ambisi penggerak kerja keras. Ia adalah keyakinan bahwa membuat kerja keras berhasil.
Anda harus ingin berhasil, dan anda harus tahu bahwa anda dapat berhasil. Bagaimana Orangtua dapat membantu anak-anak mereka berhasil dalam pendidikan sekolah adalah penting, ia adalah faktor utama yang berpengaruh terhadap kesempatan hidup. Orang tua bisa berbuat lebih banyak untuk mendorong pencapaian anak-anak mereka dalam pendidikan. Orang tua  harus tahu bahwa setiap anak memiliki potensi untuk berhasil dalam  pendidikan. Anak-anak anda memiliki kemampuan untuk berhasil di sekolah tanpa melihat kelas sosial mereka.  Ia merupakan motivasi dan keyakinan bahwa mereka dapat berhasil yang menyebabkan mereka mengungguli dalam ujian masuk ke universitas dan dalam perkuliahan di universitas.
Orang tua  perlu mendorong sebuah sikap menang dalam diri anak-anak mereka. Mereka harus meyakinkan bahwa anak-anak mereka dapat berhasil. Ia adalah pemikiran bawah sadar bahwa perlu mengetahui ini dan pikiran bawah sadar negatif dan sulit untuk mengakses. Ada beberapa prinsip-prinsip yang berasal dari pemrograman mental yang harus diikuti dalam mendorong anak anda:
a.       Merenung. Pelajari meditasi dengan anak-anak anda, ia akan bermanfaat bagi Anda dan mereka. Meditasi meningkatkan fokus mental dan berpikir secara umum.
b.      Menggunakan teknologi brainwave entrainment atau Terapi Gelombang Otak berfungsi untuk "mengatur" keadaan otak Anda agar memunculkan gelombang otak sesuai yang Anda perlukan. Dalam anatomi tubuh manusia, otak bisa diibaratkan sebagai Processor sekaligus Hard Disk yang merupakan pusat berpikir dan memori. Terapi Gelombang Otak bekerja pada level hardware, khusunya untuk menstimulasi otak Anda. Teknologi entrainment Brainwave, termasuk akan meningkatkan pengalaman belajar. Brainwave entrainment juga dapat membantu dengan meditasi.

B.     Apa Kecerdasan ?
Kecerdasan adalah kemampuan potensial untuk melakukan, yang mungkin kapasitas diukur, walaupun dengan tidak sempurna.
Menurut Gardner terdapat tujuh jenis kecerdasan, yaitu : Linguistik, logis-kecerdasan matematik, kecerdasan musik, kecerdasan kinesthetic-tubuh, kecerdasan spatial, kecerdasan interpersonal - memahami orang lain, dan kecerdasan intrapersonal, yang memahami diri sendiri.
Daniel Goleman mencetuskan tentang kecerdasan emosional. Goleman menegaskan bahwa pemikiran otak tumbuh dari otak emosi primitif:  dia mengungkapkan banyak tentang hubungan pemikiran merasakan; ada otak emosional lama sebelum ada satu  yang rasional.

C.    Id dan Ego
Sigmund Freud mendefinisikan struktur psikis  meliputi Id, ego, dan super-ego. Dalam rumusan Freud id adalah lebih dari pikiran bagian dasar dari ego; dengan begitu pada saat lahir kejiwaan, sebuah id tidak terdiferensiasi, bagian dari yang kemudian berkembang menjadi terstruktur  ego.  Id: " berisi apa-apa yang diwarisi, yang ada di atas semua-kelahiran, oleh karena itu, naluri yang berasal dari, organisasi somatik, dan yang menemukan sebuah ekspresi fizikal pertama di sini dalam bentuk id untuk kita tidak dikenal" (1933) Freud,
dari penelitian kita tentang kerja mimpi dan perkembangan gejala neurotik, dan
sebagian besar ini dari karakter negatif dan dapat digambarkan hanya sebagai kontras dengan ego. Dalam formulasi Freud id adalah bagian yang lebih mendasar dari pikiran dari ego;  sehingga jiwa adalah, saat lahir, id dibeda-bedakan, bagian dari yang kemudian berkembang menjadi ego terstruktur.  Id memegang drive dasar, dan dari perspektif ilmu saraf adalah  pikiran bawah sadar yang kuat yang mengatur fungsi bawah sadar kita seperti pernapasan, detak jantung dan pencernaan. Kita akan lihat selanjutnya Id Freud sebagai
pikiran bawah sadar. Bernapas adalah satu-satunya fungsi sadar bahwa kita
dapat dengan mudah mengakses secara sadar, yang merupakan salah satu alasan mengapa begitu efektif dalam meditasi untuk fokus pada nafas. Fokus pada napas dalam meditasi memberikan beberapa akses ke normal tidak dapat diakses sadar dan mungkin juga bahwa penderitaan tahap pertama
dari retret meditasi yang disebabkan ketika fokus pada biasanya napas sadar membawa id / pikiran bawah sadar ke permukaan."
Pikiran bawah sadar bertanggung jawab untuk drive dasar kita seperti untuk makanan, air dan seks; itu adalah rumah bagi impuls dasar kita. Pikiran bawah sadar adalah amoral, benar-benar egois, hanya memikirkan kesenangan dan rasa sakit. Itu pikiran bawah sadar tidak memiliki rasa waktu, itu benar-benar tidak masuk akal, seksual, infantil dalam pengembangan emosional, dan tidak mampu untuk mengambil "tidak" untuk  menjawab. Pikiran bawah sadar dianggap sebagai rumah libido. Pikiran seorang psycho / sosiopat tidak pernah berkembang di luar sadar pikiran, itulah sebabnya mengapa sosiopat tetap sepenuhnya egois asosial orang, seluruhnya kurang dalam hati nurani bahkan hingga dewasa. Mereka tunggal terfokus pada mendapatkan apa yang mereka inginkan untuk diri mereka sendiri dan tidak peduli sama sekali tentang biaya kepada orang lain. Dalam hal ini mereka adalah pikiran bawah sadar murni.
Pikiran bawah sadar adalah sangat kuat, seperti yang dikatakan Freud:
... Ego adalah bagian dari id yang telah dimodifikasi oleh pengaruh langsung dari
dunia luar ... Ego merupakan apa yang disebut alasan dan akal sehat, di
kontras dengan id, yang berisi Kesukaan ... dalam hubungannya dengan id itu seperti seorang pria di kuda, yang harus terus dalam memeriksa kekuatan superior dari kuda. Sosiopat tidak mengembangkan ego berfungsi dan meskipun banyak dari mereka belajar untuk berperilaku dangkal sebagai makhluk sosial mereka tidak dapat mempertahankan jangka panjang hubungan bahkan dengan keluarga.
Sebagai perumpamaan Freud kuda dan penunggangnya menunjukkan pikiran bawah sadar adalah bergairah dan lebih kuat daripada ego.

D.    Prestasi dan IQ
Goleman mengatakan dalam bukunya bahwa IQ menyumbang sekitar 20% untuk faktor-faktor yang menentukan keberhasilan hidup. Sedangkan yang lainnya ditentukan  oleh non-faktor IQ. Studi-studi ini menunjukkan bahwa IQ adalah salah satu dimensi untuk mengukur kemampuan. Goleman mengatakan, tidak cukup IQ tinggi untuk menentukan kecerdasan, apa yang juga diperlukan adalah  emosional, ketrampilan sosial dan motivasi yang mendorong seseorang dengan IQ tinggi untuk prestasi yang tinggi. IQ yang tinggi tidak ada jaminan untuk keberhasilan dalam hidup.
IQ adalah sangat terbatas dan satu dimensi tentang  kecerdasan. Tidak IQ energi yang baik dari keberhasilan hidup. Studi kami adalah salah satu orang pertama yang menunjukkan bahwa IQ juga tidak ditetapkan, skor IQ dapat ditingkatkan. Energi yang lebih baik dari keberhasilan hidup adalah emosional. Ini adalah motivasi untuk mencapai yang terletak di dalam ciri primitif, emosional, otak tak sadar. Pikiran yang tak sadar ini kuat, ia tidak pernah tidur dan ia mendapat apa yang diinginkan. Ia adalah pikiran tak sadar bahwa akan memberikan dorongan untuk belajar dan berhasil. Mengembangkan kecerdasan emosi anda.
Brainwave entrainment memberi akses ke pikiran tak sadar melalui pemrograman mental, melalui self hipnosis. Jika anda ingin meningkatkan pengalaman belajar anda atau motivasi belajar anda menggunakan brainwave entrainment. Otak Anda hampir terbatas kekuasaannya. Jika anda yakin, bahwa anda dapat mencapai dan anda mendedikasikan waktu untuk belajar, dan anda mengikuti kebiasaan studi produktif kemudian tidak ada batasan apa anda dapat mencapai.

E.     Otak manusia yang lebih kuat dari komputer,
Kita cenderung untuk berpikir komputer sebagai lebih kuat daripada otak manusia karena mereka informasi prosesor IBM Biru benar-benar sangat cepat  yang kecepatan dan komputer benar-benar memiliki sedikit. namun daya pemrosesan masih kalah jika dibandingkan  otak manusia.

Otak Biru proyek
Proyek IBM Otak Biru adalah supercomputer direkayasa untuk meniru otak mamalia. Ia adalah ukuran tentang empat kulkas. Otak biru dapat menangani lebih dari 20 triliun operasi-operasi yang kedua. Otak biru masih memiliki jalan yang panjang sebelum ia bahkan datang dekat dengan kekuatan otak tikus. Dan otak manusia tidak hanya sangat jauh lebih kuat daripada otak Biru yang juga sangat jauh lebih efisien daripada otak biru.  Otak manusia sangat jauh lebih kecil dan memerlukan jauh lebih sedikit tenaga untuk beroperasi dari otak biru.



Otak
Perbedaan dasar antara otak dan komputer adalah kalau  otak manusia dapat berpikir, tetapi komputer tidak dapat. Apa artinya ini? Pada dasarnya komputer dan otak manusia berbeda,  strukturnya berbeda, mereka 'berpikir' yang berbeda. Kita dapat membaca, komputer ini tidak dapat. Fleksibilitas yang menggambarkan perbedaan utama antara otak manusia dan komputer.
Batas-batas otak manusia tidak diketahui. Ia adalah komputer yang paling kuat di alam semesta kita.Satu-satunya batasan pada pikiran anda adalah membatasi anda memaksakan pada diri sendiri atau membatasi Anda mengizinkan orang lain untuk memaksakan pada anda. Siapa pun dapat mencapai apa saja pada tingkat tinggi tanpa harus bawaan diantaranya berbakat. Tentu saja otak manusia adalah peralatan dengan kuasa yang besar dan brainwave entrainment dapat membantu memanfaatkan kekuatan ini untuk membantu orang mencapai tujuan-tujuan pendidikan mereka. Tidak ada keberhasilan usaha tanpa tetapi membuat upaya dan anda akan keuntungan dari itu.

F.     Gaya Pembelajaran
Gaya pembelajaran adalah gaya-gaya pembelajaran pendekatan yang berbeda yang orang-orang yang berbeda telah belajar. Guru harus menilai gaya belajar siswa dan menyesuaikan metode kelas untuk paling sesuai dengan setiap pelajar yang memiliki gaya belajar. Salah satu yang paling banyak digunakan gaya-gaya pembelajaran model adalah Fleming VARK di  model yang berasal dari Neuro-pemrograman linguistik (NLP). Menurut model Fleming, yang cukup sederhana, para peserta didik dapat dikategorikan sebagai berikut:
1. Para peserta didik Visual, 2. Para peserta didik pendengaran,                              3. Membaca/menulis preferensi-para peserta didik, dan  4. Kinesthetic para peserta didik.
Ada banyak gaya-gaya pembelajaran model lainnya; Anda mungkin datang di seluruh model Anthony Gregorc, Sudbury sekolah demokratis model yang menerapkan tanpa guru belajar, Chris J Jackson, model neuropsychological dan lain-lain. Meskipun sebagian besar dan berkembang program penelitian, pernyataan yang dibuat untuk dampak terbuangnya adalah karena keterbatasan dipertanyakan dalam banyak studi pendukung dan kurangnya penelitian independen pada model.

G.    Kritik APS 2009
Asosiasi untuk Ilmu Psikologi (APS) menugaskan panel yang memimpin psikolog dan ilmuwan kognitif untuk mengevaluasi model gaya belajar. Panel menyimpulkan bahwa: "saat ini, tidak ada bukti yang memadai untuk membenarkan dasar penggabungan penilaian gaya-gaya pembelajaran ke pendidikan umum. Justru itu, sumber daya pendidikan terbatas akan lebih baik yang dikhususkan untuk mengadopsi praktik pendidikan lainnya yang memiliki bukti kuat.
Pelajaran dari kritik gaya-gaya pembelajaran adalah bahwa anda tidak perlu khawatir tentang menentukan gaya belajar anda sendiri, semua otak kita adalah sama dan mereka telah berevolusi gaya-gaya pembelajaran yang serupa. Lupa tentang gaya belajar dan mempelajari kebiasaan studi yang efektif.

H.    Strategi Pembelajaran yang Efektif
Di sini kita mengkaji beberapa mitos yang berkaitan dengan strategi pembelajaran. Ada pembelajaran dengan pendekatan efektif namun, ilmu pengetahuan kognitif teknik sederhana yang dapat mengungkapkan meningkatkan berapa banyak mahasiswa mempelajari dari belajar.
-          Di Mana untuk belajar. Kebijaksanaan konvensional yang memiliki satu harus tetap dengan salah satu lokasi studi, ini adalah tidak benar.
-          Fokus. Banyak orang percaya bahwa satu harus fokus pada satu topik, research menunjukkan, sebaliknya, yang beragam jenis materi belajar di satu hasil duduk di jauh lebih baik daripada hasil-hasil pembelajaran tidak berkonsentrasi pada satu keahlian untuk setiap kalinya. Menggabungkan dan mencocokkan studi anda, jika Anda mempersempit fokus studi anda terlalu banyak, Anda tidak akan mengembangkan kaitan mental yang otak perlu menyelesaikan masalah.
-          Tes baik untuk belajar. Tes alat bantu belajar yang hebat. Perpustakaan, guru atau seringkali profesor melakukan pengujian  salinan masa lalu. Lihat jika anda dapat menemukan tes ini dan amalan mereka. Tes sulit adalah alat bantu belajar lebih efektif. Panggilan peneliti berkesan pembelajaran ini "diinginkan kesulitan".
-           menjelaskan konsep yang sulit untuk diri Anda atau orang lain. Dalam mencoba untuk menguasai sesuatu sering membantu untuk menjelaskan kepada orang lain, adalah apa yang sedang anda lakukan saat anda merumuskan sebuah pertanyaan tentang topik yang sulit. Ia juga membantu ketika membaca materi baru untuk menulis bahan itu, untuk menjelaskan kepada diri Anda.
-          Latihan dapat membuat anak-anak lebih cerdas? Jawabannya adalah Ya

I.       Jalan untuk Keberhasilan yang  Tak Terbatas
-          tidak meyakini mitos IQ. Tiada seorangpun yang lahir dengan diberikan IQ dan anda dapat mengembangkan IQ yang lebih tinggi. Potensi intelektual anda tidak mengenal batas.
-          Praktik membuat sempurna. Terlalu banyak dari kita percaya dalam "talenta" - bahwa bagian atas pemusik mitos yang lahir, dan bukannya dibangun. Tetapi dalam hampir setiap dalam tugas-tugas yang  rumit, bagian atas pemusik excel tidak karena kemampuan bawaan tetapi karena latihan  khusus. Jika anda mengikuti kebiasaan studi produktif kemudian tidak ada batasan apa anda dapat mencapai. Jika anda benar-benar ingin berhasil di sekolah atau universitas kemudian Anda harus Mengembangkan semangat yang akan membantu anda bersabarlah, mengembangkan ataupun emosional, mengembangkan kebiasaan studi efektif, dan praktik.
-          Otak Anda adalah sebuah alat yang sangat kuat. Ia adalah komputer yang paling kuat di jagat raya. Ada pemikir besar dalam tiap-tiap angkatan yang menunjukkan apa yang pikiran manusia dapat mencapai: Buddha, Aristoteles, Confucius, Plato, Shakespeare, Goethe, Voltaire, Newton, Einstein. Anda mungkin tidak akan yang lain, hanya ada Einstein begitu banyak di bagian atas, tetapi tidak ada alasan mengapa anda tidak dapat menjadi kecerdasan kelas dunia. Satu-satunya batasan pada pikiran anda adalah membatasi anda memaksakan diri sendiri. di atas Jangan biarkan orang lain memberitahu bahwa anda dibatasi, anda tidak.
-          Gaya Belajar - beberapa ahli teori percaya bahwa kita masing-masing nikmat beberapa metode tertentu berinteraksi dan pemrosesan informasi.
Salah satu yang paling banyak digunakan gaya-gaya pembelajaran model adalah Fleming, model VARK.
-          Orang tua perlu mendorong sebuah sikap menang dalam anak-anak mereka. Mereka harus memberitahu anak-anak yang mereka dapat berhasil. Ia adalah pemikiran bawah sadar bahwa perlu mengetahui hal ini. Prinsip-prinsip yang berasal dari pemrograman mental yang harus diikuti dalam mendorong anak anda memberikan teladan untuk pencapaian pendidikan. Salah satunya dengan menggunakan teknologi entrainment brainwave. Teknologi entrainment Brainwave adalah mengagumkan, murah dan ada banyak penelitian universitas untuk menunjukkan bahwa ia bekerja. Ia juga cukup mudah untuk digunakan. Anak-anak duduk dan kajian saat sedang memutar trek MP3 yang sesuai pada speaker atau headphone. Jika anda ingin meningkatkan pengalaman belajar anda atau motivasi belajar anda menggunakan brainwave entrainment, ia bekerja, tidak seperti pembelajaran subliminal filem, dan tidak memiliki efek samping yang tak diinginkan.

J.      Ini adalah jalan untuk berhasil di sekolah
1.      tidak meyakini mitos IQ. Tiada seorangpun yang lahir dengan diberikan IQ dan anda dapat mengembangkan IQ anda melalui kajian dan melalui brainwave entrainment.
2.      Praktik membuat sempurna. Terlalu banyak dari kita percaya dalam "talenta" - bahwa mitos pemusik itu dilahirkan bukan dari hasil latihan.. Tetapi dalam hampir setiap dalam tugas-tugas yang rumit, bagian atas pemusik excel tidak karena kemampuan bawaan tetapi karena latihan khusus. Jika anda benar-benar ingin berhasil di sekolah atau universitas anda harus banyak berlatih:
3.      Mengembangkan semangat yang akan membantu anda mengembangkan kemampuan ataupun emosional, dan Praktik.
4.      Otak Anda adalah alat yang sangat kuat. Ini adalah yang paling kuat komputer di alam semesta. Ada pemikir besar di setiap generasi yang menunjukkan hanya apa yang pikiran manusia dapat mencapai: yang Buddha, Aristoteles, Confucius, Plato, Shakespeare, Goethe, Voltaire, Newton, Einstein. Anda mungkin tidak Einstein yang lain, hanya ada begitu banyak ruang di bagian atas, tetapi tidak ada alasan mengapa Anda tidak bisa menjadi intelek kelas dunia. Keterbatasan hanya di pikiran Anda adalah batas Anda memaksakan pada diri sendiri. Jangan biarkan orang lain memberitahu Anda bahwa Anda terbatas, Anda tidak.
5.      Gaya belajar - beberapa teori percaya bahwa kita masing-masing menikmati beberapa metode tertentu dan pengolahan informasi. Salah satu model yang paling banyak digunakan dari gaya belajar adalah Fleming Model VARK. Model ini cukup sederhana, peserta didik dapat dikategorikan mengikuti: 1. pelajar visual, 2. pelajar pendengaran, Peserta didik 3. membaca / menulis-preferensi, dan 4. pelajar kinestetik.

Ada beberapa prinsip-prinsip yang berasal dari pemrograman mental yang harus diikuti dalam mendorong anak-anak:
a.       Memberikan teladan untuk pencapaian pendidikan. Anda, anak-anak dan guru harus tidak berpikir bahwa bekerja class, Afrika, golongan Hispanic anak-anak miskin, atau tidak dapat berhasil di sekolah, mereka dapat. Ada banyak orang dari berbagai latar belakang yang telah dicapai dirugikan di sekolah terhadap kemungkinan. Mencari model peran seperti itu.
b.      Tujuan membuat realistis. Mendorong anak anda ke tujuan untuk bagian atas sepuluh persen kelas atau perempuan itu dalam matematika, tidak perlu untuk posisi atas.
c.       Mengabaikan masalah - fokus pada solusi. Jangan misalnya berkata 'anda harus tidak menonton TV saat melakukan pekerjaan rumah'. Berkata 'pekerjaan rumah di tempat anda bebas dari gangguan', dan diasingkan area di mana anak dapat melakukan pekerjaan rumah yang bebas dari gangguan dari TV.
d.      Pengulangan. Para pemasang iklan tahu nilai pengulangan. Ulangi pemrograman mental anda bahkan setelah aturan tampaknya telah belajar, ini akan memperkuat perilaku dan sikap yang ganteng.
e.       Buatlah aturan yang sederhana.
f.       Yakin  dan percaya diri.
g.       Sewalah seorang pengajar jika anda merasa perlu.
h.      Merenung. Pelajari meditasi dengan anak-anak anda, ia akan bermanfaat bagi Anda dan mereka. Meditasi meningkatkan fokus mental dan berpikir secara umum.
i.        Menggunakan teknologi entrainment brainwave.






BAB III
KAJIAN DAN ANALISIS

Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang tinggi pula. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali dan mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil belajar dari suatu aktivitas belajar yang dilakukan berdasarkan pengukuran dan penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang akademik yang diwujudkan berupa angka-angka dalam rapor.
Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur dan berencana dengan maksud mengubah atau mengembangkan perilaku yang diinginkan. Sekolah sebagai lembaga formal merupakan sarana dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan tersebut. Melalui sekolah, peserta didik belajar berbagai macam hal. Proses belajar yang terjadi pada seorang individu memang merupakan sesuatu yang penting, karena melalui belajar seorang individu mampu mengenal lingkungannya dan menyesuaikan diri dengan lingkungan disekitarnya. Menurut Irwanto (1997:105) belajar merupakan proses perubahan dari belum mampu menjadi mampu dan terjadi dalam jangka waktu tertentu. Belajar pasti akan menghasilkan perubahan-perubahan dalam diri seseorang.
14
Untuk mengetahui sampai seberapa jauh perubahan yang telah terjadi, perlu adanya suatu penilaian. Begitu juga dengan yang terjadi pada seorang peserta didik yang mengikuti suatu pendidikan selalu diadakan penilaian dari hasil belajarnya. Penilaian terhadap hasil belajar seorang peserta didik untuk mengetahui sejauh mana telah mencapai sasaran belajar inilah yang disebut sebagai prestasi belajar.
Proses belajar di sekolah merupakan proses yang sifatnya kompleks dan menyeluruh. Banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi yang tinggi dalam belajar, seseorang harus memiliki Intelligence Quotient (IQ) yang tinggi pula, karena inteligensi merupakan bekal potensial yang akan memudahkan seseorang dalam belajar dan pada gilirannya akan menghasilkan prestasi belajar yang optimal. Menurut Binet dalam buku Winkel (1997:529) hakikat inteligensi adalah kemampuan untuk menetapkan dan mempertahankan suatu tujuan, untuk mengadakan penyesuaian dalam rangka mencapai tujuan itu, dan untuk menilai keadaan diri secara kritis dan objektif.
Kenyataannya, dalam proses belajar mengajar di sekolah sering kita ditemukan peserta didik yang belum mampu meraih prestasi belajar yang setara dengan kemampuan inteligensinya. Ada beberapa peserta didik yang mempunyai kemampuan inteligensi tinggi tetapi memperoleh prestasi belajar yang relatif rendah, dan ada pula beberapa peserta didik yang lain yang walaupun kemampuan inteligensinya relatif rendah, dapat meraih prestasi belajar yang relatif tinggi.
Itulah sebabnya mengapa taraf inteligensi bukan merupakan satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang, karena dibalik semua itu masih ada beberapa faktor lain yang ikut mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam meraih prestasi. Menurut Goleman (2000:44), kecerdasan intelektual (IQ) hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan, sedangkan 80% adalah sumbangan faktor kekuatan-kekuatan lain, diantaranya adalah kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ) yakni kemampuan memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati (mood), berempati serta kemampuan bekerja sama. Dalam proses belajar, kedua inteligensi itu sangat diperlukan. IQ tidak akan dapat berfungsi dengan baik tanpa partisipasi penghayatan emosional terhadap mata pelajaran yang disampaikan di sekolah. Namun biasanya kedua inteligensi itu saling melengkapi. Keseimbangan antara IQ dan EQ merupakan kunci keberhasilan belajar seorang peserta didik dalam meraih prestasi belajarnya (Goleman, 2002).
Pendidikan di sekolah bukan hanya perlu mengembangkan Rational Intelligence yaitu model pemahaman yang lazimnya dipahami oleh peserta didik saja, melainkan juga perlu mengembangkan Emotional Intelligence seorang peserta didik. Hasil beberapa penelitian di University of Vermont mengenai analisis struktur neurologis otak manusia dan penelitian perilaku oleh LeDoux (1970) menunjukkan bahwa dalam peristiwa penting kehidupan seseorang, EQ selalu mendahului intelegensi rasional. EQ yang baik dapat menentukan keberhasilan individu dalam prestasi belajar membangun kesuksesan karir, mengembangkan hubungan suami-istri yang harmonis dan dapat mengurangi agresivitas, khususnya dalam kalangan remaja (Goleman, 2002:17).
Memang harus diakui bahwa mereka yang memiliki IQ rendah dan mengalami keterbelakangan mental akan mengalami kesulitan, bahkan mungkin tidak mampu mengikuti pendidikan formal yang seharusnya sesuai dengan usia mereka. Namun fenomena yang ada menunjukan bahwa tidak sedikit orang dengan IQ tinggi yang berprestasi rendah, dan ada banyak orang dengan IQ sedang yang dapat mengungguli prestasi belajar orang dengan IQ tinggi. Hal ini menunjukan bahwa IQ tidak selalu dapat memperkirakan prestasi belajar seseorang.
Kemunculan istilah kecerdasan emosional dalam pendidikan, bagi sebagian orang mungkin dianggap sebagai jawaban atas kejanggalan tersebut. Teori Daniel Goleman, sesuai dengan judul bukunya, memberikan definisi baru terhadap kata cerdas. Walaupun EQ merupakan hal yang relatif baru dibandingkan IQ, namun beberapa penelitian telah mengisyaratkan bahwa kecerdasan emosional tidak kalah penting dengan IQ (Goleman, 2002:44). Menurut Goleman (2002:512), kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan inteligensi (to manage our emotional life with intelligence); menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya (the appropriateness of emotion and its expression) melalui keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial.
Menurut Goleman, khusus pada orang-orang yang murni hanya memiliki kecerdasan akademis tinggi, mereka cenderung memiliki rasa gelisah yang tidak beralasan, terlalu kritis, rewel, cenderung menarik diri, terkesan dingin dan cenderung sulit mengekspresikan kekesalan dan kemarahannya secara tepat. Bila didukung dengan rendahnya taraf kecerdasan emosionalnya, maka orang-orang seperti ini sering menjadi sumber masalah. Karena sifat-sifat di atas, bila seseorang memiliki IQ tinggi namun taraf kecerdasan emosionalnya rendah maka cenderung akan terlihat sebagai orang yang keras kepala, sulit bergaul, mudah frustrasi, tidak mudah percaya kepada orang lain, tidak peka dengan kondisi lingkungan dan cenderung putus asa bila mengalami stress. Kondisi sebaliknya, dialami oleh orang-orang yang memiliki taraf IQ rata-rata namun memiliki kecerdasan emosional yang tinggi.
Prestasi belajar tidak dapat dipisahkan dari berbuatan belajar, karena belajar merupakan suatu proses, sedangkan prestasi belajar adalah hasil dari proses pembelajaran tersebut. Bagi seorang peserta didik belajar merupakan suatu kewajiban. Berhasil atau tidaknya seorang peserta didik dalam pendidikan tergantung pada proses belajar yang dialami oleh siswa tersebut. Menurtut Logan, dkk (1976) dalam Sia Tjundjing (2001:70) belajar dapat diartikan sebagai perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan latihan. Senada dengan hal tersebut, Winkel (1997:193) berpendapat bahwa belajar pada manusia dapat dirumuskan sebagai suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan dan nilai sikap. Perubahan itu bersifat relatif konstan dan berbekas.
Dengan demikian, seorang anak yang memiliki cacat fisik atau bahkan cacat mental akan menghambat dirinya didalam menangkap pelajaran, sehingga pada akhirnya akan mempengaruhi prestasi belajarnya di sekolah.
Faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar adalah : 1)  faktor psikologis. Ada banyak faktor psikologis yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, antara lain adalah : a) Intelligensi Pada umumnya, prestasi belajar yang ditampilkan siswa mempunyai kaitan yang erat dengan tingkat kecerdasan yang dimiliki siswa. Taraf inteligensi ini sangat mempengaruhi prestasi belajar seorang siswa, di mana siswa yang memiliki taraf inteligensi tinggi mempunyai peluang lebih besar untuk mencapai prestasi belajar yang lebih tinggi. Sebaliknya, siswa yang memiliki taraf inteligensi yang rendah diperkirakan juga akan memiliki prestasi belajar yang rendah. Namun bukanlah suatu yang tidak mungkin jika siswa dengan taraf inteligensi rendah memiliki prestasi belajar yang tinggi, juga sebaliknya . b) Sikap.  Sikap yang pasif, rendah diri dan kurang percaya diri dapat merupakan faktor yang menghambat siswa dalam menampilkan prestasi belajarnya. Sikap siswa yang positif terhadap mata pelajaran di sekolah merupakan langkah awal yang baik dalam proses belajar mengajar di sekolah.  c) Motivasi. Menurut Irwanto (1997 : 193) motivasi adalah penggerak perilaku. Motivasi belajar adalah pendorong seseorang untuk belajar. Motivasi timbul karena adanya keinginan atau kebutuhan-kebutuhan dalam diri seseorang. Seseorang berhasil dalam belajar karena ia ingin belajar. Motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat non intelektual.
2) Faktor eksternal Selain faktor-faktor yang ada dalam diri siswa, ada hal-hal lain diluar diri yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yang akan diraih, antara lain adalah : 1). Faktor lingkungan keluarga a) Sosial ekonomi keluarga. Dengan sosial ekonomi yang memadai, seseorang lebih berkesempatan mendapatkan fasilitas belajar yang lebih baik, mulai dari buku, alat tulis hingga pemilihan sekolah. b). Pendidikan orang tua Orang tua yang telah menempuh jenjang pendidikan tinggi cenderung lebih memperhatikan dan memahami pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya, dibandingkan dengan yang mempunyai jenjang pendidikan yang lebih rendah. c). Perhatian orang tua dan suasana hubungan antara anggota keluarga. Dukungan dari keluarga merupakan suatu pemacu semangat berpretasi bagi seseorang. Dukungan dalam hal ini bisa secara langsung, berupa pujian atau nasihat; maupun secara tidak langsung, seperti hubugan keluarga yang harmonis. 2).  Faktor lingkungan sekolah meliputi:  a). Sarana dan prasarana Kelengkapan fasilitas sekolah, seperti papan tulis, LCD akan membantu kelancaran proses belajar mengajar di sekolah; selain bentuk ruangan, sirkulasi udara dan lingkungan sekitar sekolah juga dapat mempengaruhi proses belajar mengajar. b). Kompetensi guru dan siswa. Kualitas guru dan siswa sangat penting dalam meraih prestasi, kelengkapan sarana dan prasarana tanpa disertai kinerja yang baik dari para penggunanya akan sia-sia belaka. Bila seorang siswa merasa kebutuhannya untuk berprestasi dengan baik di sekolah terpenuhi, misalnya dengan tersedianya fasilitas dan tenaga pendidik yang berkualitas , yang dapat memenuhi rasa ingin tahunya, hubungan dengan guru dan teman-temannya berlangsung harmonis, maka siswa akan memperoleh iklim belajar yang menyenangkan. Dengan demikian, ia akan terdorong untuk terus-menerus meningkatkan prestasi belajarnya. c). Kurikulum dan metode mengajar Hal ini meliputi materi dan bagaimana cara memberikan materi tersebut kepada siswa. Metrode pembelajaran yang lebih interaktif sangat diperlukan untuk menumbuhkan minat dan peran serta siswa dalam kegiatan pembelajaran.
3). Faktor lingkungan masyarakat a). Sosial budaya Pandangan masyarakat tentang pentingnya pendidikan akan mempengaruhi kesungguhan pendidik dan peserta didik. Masyarakat yang masih memandang rendah pendidikan akan enggan mengirimkan anaknya ke sekolah dan cenderung memandang rendah pekerjaan guru/pengajar b). Partisipasi terhadap pendidikan Bila semua pihak telah berpartisipasi dan mendukung kegiatan pendidikan, mulai dari pemerintah (berupa kebijakan dan anggaran) sampai pada masyarakat bawah, setiap orang akan lebih menghargai dan berusaha memajukan pendidikan dan ilmu pengetahuan.
Menurut Goleman (2002 : 512), kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan inteligensi (to manage our emotional life with intelligence); menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya (the appropriateness of emotion and its expression) melalui keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial. Goleman mengutip Salovey (2002:58-59) menempatkan menempatkan kecerdasan pribadi Gardner dalam definisi dasar tentang kecerdasan emosional yang dicetuskannya dan memperluas kemampuan tersebut menjadi lima kemampuan utama, yaitu : a. Mengenali Emosi Diri Mengenali emosi diri sendiri merupakan suatu kemampuan untuk mengenali perasaan sewaktu perasaan itu terjadi. Kemampuan ini merupakan dasar dari kecerdasan emosional, para ahli psikologi menyebutkan kesadaran diri sebagai metamood, yakni kesadaran seseorang akan emosinya sendiri. b. Mengelola Emosi Mengelola emosi merupakan kemampuan individu dalam menangani perasaan agar dapat terungkap dengan tepat atau selaras, sehingga tercapai keseimbangan dalam diri individu. Menjaga agar emosi yang merisaukan tetap terkendali merupakan kunci menuju kesejahteraan emosi. c. Memotivasi Diri Sendiri Presatasi harus dilalui dengan dimilikinya motivasi dalam diri individu, yang berarti memiliki ketekunan untuk menahan diri terhadap kepuasan dan mengendalikan dorongan hati, serta mempunyai perasaan motivasi yang positif, yaitu antusianisme, gairah, optimis dan keyakinan diri. d. Mengenali Emosi Orang Lain Kemampuan untuk mengenali emosi orang lain disebut juga empati.
Keterampilan dasar emosional tidak dapat dimiliki secara tiba-tiba, tetapi membutuhkan proses dalam mempelajarinya dan lingkungan yang membentuk kecerdasan emosional tersebut besar pengaruhnya. Hal positif akan diperoleh bila anak diajarkan keterampilan dasar kecerdasan emosional, secara emosional akan lebih cerdas, penuh pengertian, mudah menerima perasaan-perasaan dan lebih banyak pengalaman dalam memecahkan permasalahannya sendiri, sehingga pada saat remaja akan lebih banyak sukses disekolah dan dalam berhubungan dengan rekan-rekan sebaya serta akan terlindung dari resiko-resiko seperti obat-obat terlarang, kenakalan, kekerasan serta seks yang tidak aman (Gottman, 2001 : 250).
Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa selain kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang penting yang seharusnya dimiliki oleh siswa yang memiliki kebutuhan untuk meraih prestasi belajar yang lebih baik di sekolah sehingga sukses di sekolah maupun di Universitas.


DAFTAR PUSTAKA

Goleman, Daniel. (2002). Emitional Intelligence (terjemahan). Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, Daniel. (2000). Working With Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Gottman, John. (2001). Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional (terjemahan). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Irwanto. (1997). Psikologi Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.
Mappiare, Andi. 1998. Psikologi Remaja. Surabaya : Usaha Nasional.
Monks, F.J., dan Knoers A.M.P. 2006. Psikologi Perkembangan : Pengantardalam Berbagainya. Translated by Haditono, S. R. Yogyakarta : UGM Press.
Ormord, J. E. 2008. Human Learning. (4th Ed.). Ohio: Pearson.
Sia, Tjundjing. (2001). Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Anima Vol.17 no.1
Winkel, WS (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.



21
 

No comments:

Post a Comment